Langsung ke konten utama

PERSATUAN DAN DINAMIKA ISLAM DIINDONESIA.

ASSALAMU ALAIKUM WARAH MATULLAHI WABAROKATUH

BISMILLAHIRROHMANNIROHIM


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUVUsB5u1nSwRgCvSflmjHLy3T4fN1w645V-xx1RqbEt7c9qiAIZOOg2OUT0CQQAM50hWRa-8O-aB316uwKHz9BhqBUDwUXXcoLPzwQpsBwAMta1S0Fe2pAIFpMAQeTpa9x83Ke08B-AQ/s1600/Daftar+Ormas+Islam+Indonesia+-+Muslimedianews.PNG

Sumber gambar :  http://muslimedianews.rssing.com

 Dalam sejarah Indonesia, terutama awala abad ke 20, kita sering mendengar munculnya banyak organisasi-organisasi Seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al-irsyad, dsb.

 Banyak orang menjadi punya persepsi bahwa ummat Islam itu sejak awal terpecah belah karena adannya organisasi-organisasi itu. Padahal, jika kita lihat apa yang mereka fikirkan dan apa yang mereka perjuangkan, juga melihat bagaimana mereka berdinamika didalam sejarah, Persepsi itu seharusnya tidak muncul sebab walaupun mereka ada didalam organisasi yang berbeda, mereka sebetulnya mendirikan organisasi ini dalam wilayah perjuangan masing-masing.

 Sementara dalam konteks hubungan antar organisasi itu sendiri, mereka punya pemikiran untuk berasatu. Salah satu buktinnya setelah organisasi-organisasi ini berdiri dan memang terkadang memang ada perselisihan yang cukup meresahkan ditengah masyarakat diantara organisasi-organisasi tersebut, tetapi itu bukan merupakan suatu yang terus menerus berlangsung karena ini sifatnya sesuatau yang manusiawi; bahwa antara suatu kelompok dengan kelompok yang lain pasti ada gesekan yang terjadi.

 Gagasan mereka tentang umat islam itu sama seperti zaman nabi, para sahabat,dst. Bahwa mereka menginginkan ummat islam ini bersatu. Salah satu faktannya adalah organisasi-organisasi ini, dalam jangka waktu yang tidak terlalu dari mereka berdiri, menginginkan adannya suatu persatuan yang mereka gagas melalui kongres-kongres ummat Islam. Akhirnya mereka menyepakati berdirinnya majelis islam ala indonesia pada tahun 1937-1938.

 Dimajelis islam ala Indonesia ini berkumpullah para tokoh pemimpin dari berbagai organisasi yang berdiri diawal abad ke 20 dan mencerminkan bahwa ummat islam di Indonesia ini memang secara prinsip, mereka memiliki visi untuk kebersatuan ummat islam. Sehingga, jika kita tarik kesimpulan tentang apa yang kita saksikan dan hadapi saat ini, kita dibenturkan-benturkan diantara ummat islam yang satu dengan yang lainnya, kita tentu harus waspada bahwa pasti yang membentur-benturkan ini adalah orang-orang yang berada diluar pergerakan islam itu sendiri. Sebab gerakan Islam pada prinsipnya semua memiliki visi yang sama, Yaitu tentang kesatuan ummat Islam. Karena memang ummat Islam ini lahir dari rahim yang sama, rahim Rasulullah SAW.

 walaupun menghadapi sejarah yang berbeda-beda, mereka berdinamika. Akan tetapi pada prinsipnya, tali Allah yang mengikat mereka ini tidak pernah berbeda-beda. sehingga kita harus menarik pelajaran dari peristiwa ini bahwa ummat Islam sesungguhnya visinnya adalah persatuan.

 Apabila ada ummat islam yang menginginkan perpecahan maka ini pasti disebabkan karena ada kekuatan dari luar yang mencoba ingin menghancurkan persatuan ummat islam itu sendiri. Ini pelajaran bagi kita dalam menghadapi berbagai dinamika pergerakan islam diindonesia.

wallahu a'lam bishawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Dengan Ilmu-Nya (ust Salim A. Fillah)

Didalam memilih pasangan yang akan mendampingi hidup kita dunia akhirat libatkan ALLAH SWT dan libatkan orang-orang yang salih disekitar kita . Nabi SAW bersabda " tidak akan kecewa,tidak akan menyesal orang yang istikharah dan tidak akan kecewa orang yang bermusyawarah".  maka ada 2 perkara ini yang selayaknya kita lakukan ketika kita hadapi urusan besar  Nabi SAW menuntunkan untuk istikharah dia shalat 2 rakaat kemudian dia berdoa   اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ   ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA . dalam doa ini terkandung kepasrahan yang paling agung kepada Allah SWT "Ya Allah,sesungguhnya aku beristikharah dengan ilmu-Mu aku memohon pilihan dengan ilmu-Mu.    makna memohon pilihan dengan ilmu-Mu,adalah bukan ilmuku , bukan pengetahuanku tentang dia , bukan pengenalanku tentang dia yang entah hanya zahirny a sajapun sekecil sekali dibandingkan dengan

BILAL DAN ADZAN TERAKHIR.

Bilal bin Rabah ( Arab : بلال بن رباح , sekitar 580–640 Masehi; Bilal al-Habsyi, Bilal bin Riyah, Ibnu Rabah ) adalah seorang budak berkulit hitam dari Habsyah (sekarang Ethiopia ) yang masuk Islam ketika masih diperbudak. Setelah majikannya mengetahui bahwa Bilal masuk Islam , maka Bilal disiksa terus menerus setiap harinya, guna mengembalikan keyakinannya agar tidak memeluk Islam . Tetapi Bilal tidak mau kembali kepada kekafirannya dan tetap melantunkan " Ahadun Ahad, Ahadun Ahad... ". Pada akhirnya Bilal dimerdekakan oleh Abu Bakar , dan menjadi salah seorang sahabat nabi . Dalam sebuah hadits diceritakan bahwa rasulullah pernah mendengar suara terompah Bilal di surga . Ketika hukum syariat adzan diperintahkan oleh Allah , maka orang yang pertama kali disuruh oleh rasulullah untuk mengumandangkan adzan adalah Bilal bin Rabah, ia dipilih karena suaranya sangat merdu dan lantang. Ia dikenal sebagai muazin pertama dalam Islam. Semenjak Rasulullah wafat , Bila