Langsung ke konten utama

SABRUN JAMIL


Hari ini kertika ada diantara kita yang khusyu dalam keadaan beribadah yang bersegera ketika dia mendengarkan adzan untuk bergerak untuk bangkit memenuhi panggilan adzan itu,dia mulai berwudhu lalu dia mulai berangkat kemesjid , hari ini ketika ada diantara kita yang dia merasakan dengan hatinnya sesuatu yang ringan penuh semangat dia melakukan ibadah.

seharusnya kita menangis suka cita bersyukur kepada Allah SWT tidak ada informasi atau wahyu yang sampai kepada kita bahwa Allah SWT telah menyebutkan nama kita tetapi husnudzan kita pilihan allah kepada kita ketika kita hari ini memiliki semangat itu,memiliki ibadah itu, memilki kebaikan-kebaikan itu maka yang kurang dari kita, kita tidak mendengarkan nama kita disebutkan oleh allah tapi kita penuh harap dan kita ingin bahwa semangat yang kita miliki hari ini untuk kita melakukan kebaikan ibadah.

kebencian kita terhadap maksiat,kebencian kita terhadap dos, kita penuh harap ini pilihan Allah SWT kepada kita dan tidak mustahil Allah SWT telah menyebutkan nama kita dihadapan malaikatnya.

ketika Allah berkenan memilih salah seorang diantara kita lalu Allah berikan kepadannya hidayah semangat untuk melakukan kebaikan ini karunia Allah SWT, ini tazkiyah allah kepada kita lihatlah itu dalam semangat kita dalam ibadah kita semangat,kita beramal beribadah diatas sunnah rasulullah SAW

dan rasa takut yang amat besar jika amal kita dan ibadah kita ditolak oleh allah karena penyakit-penyakit yang menggerogoti seperti riya,sombong dan seterusnya  
(sekirannya tidaklah karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian niscahya tidak seorangpun dari kamu bersih selama-lamannya tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui
Allah SWTberkehendak membersihkan, memilih diantara hambannya Allah SWT yang dianugerahkan padannya karunian-NYA dan rahmat-NYA lalu dia memiliki semangatn-NYA lalu dia melakukakan apa yang Allah perintahkan padannya.

dan ketika dengan sabar kita memiliki semangat ini dan penuh keyakinan keistiqomahan kita menjadi orang-orang yang konsisten yang fight yang menyadari betapa berbahaya tikungan-tikungan didunia ini, betapa mematikan,betapa kita diliputi dengan berbagai ancaman.kita harus terus waspada senantiasa waspada penuh harap dan berdoa kepada Allah azza wa jalla agar menjaga kita kalau kita bisa bersabar.

maka sebuah kesabaran yang indah (sabrun jamil). kesabaran karena pada hakikatnya kesabaran. kita tidak lama lagi akan dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang indah setiap kita meyakini kahirat itu lebih dekat maka kita akan lebih sabar,bersabar beristiqomah kita dijalan Allah SW bersabar ketika kita menjaga amal dan ibadah kita.

 (hai orang-orang yang beriman bersabarlah kalian perkuat kesabaran kalian, perkuat dan kokohkan kewaspadaan kalian agar kalian mendapatkan keberuntungan)

keberuntungan disini ialah bagi orang-orang yang bersabar dan istiqomah ketika dia kembali kepada allah . Dalam sebuah ayat bagaimana orang-orang beriman menggambarkan kebahagiaannya,kepuasannya ketika ia telah memasuki surga Allah SWT dengan kalimat.  

alhamdulillahilladii hadana lihada(segala puji bagi allah yang telah memberikan kepada kami petunjuk yang dengan petunjuk itulah maka kita mendapatkan semua itu) 

      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Dengan Ilmu-Nya (ust Salim A. Fillah)

Didalam memilih pasangan yang akan mendampingi hidup kita dunia akhirat libatkan ALLAH SWT dan libatkan orang-orang yang salih disekitar kita . Nabi SAW bersabda " tidak akan kecewa,tidak akan menyesal orang yang istikharah dan tidak akan kecewa orang yang bermusyawarah".  maka ada 2 perkara ini yang selayaknya kita lakukan ketika kita hadapi urusan besar  Nabi SAW menuntunkan untuk istikharah dia shalat 2 rakaat kemudian dia berdoa   اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ   ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA . dalam doa ini terkandung kepasrahan yang paling agung kepada Allah SWT "Ya Allah,sesungguhnya aku beristikharah dengan ilmu-Mu aku memohon pilihan dengan ilmu-Mu.    makna memohon pilihan dengan ilmu-Mu,adalah bukan ilmuku , bukan pengetahuanku tentang dia , bukan pengenalanku tentang dia yang entah hanya zahirny a sajapun sekecil sekali dibandingkan dengan

BILAL DAN ADZAN TERAKHIR.

Bilal bin Rabah ( Arab : بلال بن رباح , sekitar 580–640 Masehi; Bilal al-Habsyi, Bilal bin Riyah, Ibnu Rabah ) adalah seorang budak berkulit hitam dari Habsyah (sekarang Ethiopia ) yang masuk Islam ketika masih diperbudak. Setelah majikannya mengetahui bahwa Bilal masuk Islam , maka Bilal disiksa terus menerus setiap harinya, guna mengembalikan keyakinannya agar tidak memeluk Islam . Tetapi Bilal tidak mau kembali kepada kekafirannya dan tetap melantunkan " Ahadun Ahad, Ahadun Ahad... ". Pada akhirnya Bilal dimerdekakan oleh Abu Bakar , dan menjadi salah seorang sahabat nabi . Dalam sebuah hadits diceritakan bahwa rasulullah pernah mendengar suara terompah Bilal di surga . Ketika hukum syariat adzan diperintahkan oleh Allah , maka orang yang pertama kali disuruh oleh rasulullah untuk mengumandangkan adzan adalah Bilal bin Rabah, ia dipilih karena suaranya sangat merdu dan lantang. Ia dikenal sebagai muazin pertama dalam Islam. Semenjak Rasulullah wafat , Bila

PERSATUAN DAN DINAMIKA ISLAM DIINDONESIA.

ASSALAMU ALAIKUM WARAH MATULLAHI WABAROKATUH BISMILLAHIRROHMANNIROHIM Sumber gambar :  http://muslimedianews.rssing.com  Dalam sejarah Indonesia, terutama awala abad ke 20, kita sering mendengar munculnya banyak organisasi-organisasi Seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al-irsyad, dsb.  Banyak orang menjadi punya persepsi bahwa ummat Islam itu sejak awal terpecah belah karena adannya organisasi-organisasi itu. Padahal, jika kita lihat apa yang mereka fikirkan dan apa yang mereka perjuangkan, juga melihat bagaimana mereka berdinamika didalam sejarah, Persepsi itu seharusnya tidak muncul sebab walaupun mereka ada didalam organisasi yang berbeda, mereka sebetulnya mendirikan organisasi ini dalam wilayah perjuangan masing-masing.  Sementara dalam konteks hubungan antar organisasi itu sendiri, mereka punya pemikiran untuk berasatu. Salah satu buktinnya setelah organisasi-organisasi ini berdiri dan memang terkadang memang ada perselisihan yang cukup meresahkan ditengah mas