Langsung ke konten utama

MENANG DENGAN KESEDERHANAAN

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran. bagaimana tidak, di bulan suci ini umat islam harus menahan dirinya dari makan, minum dan segala perkara yang dapat membatalkan puasa. Dibulan ramadhan ini pun dapat menumbuhkan kesederhanaan bagi umat islam seperti kesedrhanaan yang Rasulullah SAW contohkan berikut.

menang dalam kesederhanaan
bersama allah pasti menang, karena logika kemenangan ada pada idaja annasrullah (jika allah yang menolong) , kita syaum ketika kita ingin menang melawan hawa nafsu kita saat ingin berbuka.
menariknya rasulullah sederhana dalam berbuka bagaimana rasulullah berbuka ? sebelum sholat beliau memakan beberapa butir kurma basah jika tidak ada maka beliau memakan beberapa butir kurma kering jika tidak ada pula beliau meminum beberapa teguk air. Kesederhanaan rasulullah ini terwujud bahwa kita melihat pada saat beliau berbuka puasa artinnya kita tidak perlu yang namannya berlebihan menunjukan kekayaan kita , karena dalam sebutir kurma kita bisa merasakan berjumpa dengan allah SWT.
ini dijelaskan didalam al-qur'an 
bahwa allah lah yang menurunkan hujan dari langit dan dari hujan tersebut menumbuhkan tetumbuhan dan dari tetumbuhan tersebut menumbuhkan pepohonan dan dari pepohonan lah yang memberikan buah-buahan.

menang dalam kesederhanaan itu adalah ketika kita berhasil berjumpa dengan allah dengan hal-hal yang sederhana. menang dalam kesederhanaan itu adalah menjadi kata penting ketika seseorang sudah mulai berlebihan dan ketika seseorang berkecamuk dengan ketamakan dgn dirinnya disitulah kekalahan.
minimal contohnya ketika orang yang makan berlebihan maka malas dalam beribadah,malas sholat malam,orang-orang yang hidupnya penuh ketamakan seperti orang yang berpindah tuhan menjadikan harta bendannya dan kekayaan yang dimilikinnya sebagai sesembahan, sebaliknya sederhana dalam berpikir,sederhana dalam bersikap, sederhana dalam makan dan sederhana dalam minum terpancar keberhasilan.
kegembiraan orang-orang yang berpuasa sebelum berjumpa dengan tuhannya mereka tidak hidup berlebih-lebihan mereka tidak dikecamuk oleh ketamakan dan puncaknya adalah allah ingin kita hidup dengan kesederhanaan dan dengan kesederhanaan allah akan tolong kita dan saat itulah idza ja annasrullah wal faat (kemenangan akan kita dapat).

bulan ramadhan adalah menjadi penting bagi indonesia yang banyak sekali korupsinnya karena mengukur keberhasilan dengan kekayaan dengan uang banyak dengan kemewahan dan dengan hidup berlebih-lebihan inilah yang menyebabkan korupsi yg berada ditengah-tengah masyarakat indonesia kita ini.
semoga para pemimpin yang hidup dinegara kita ini berani hidup sederhana.
semoga para penguasaha rela hidup sederhana.
karena dengan begitu mereka bisa merasakan yang diderita oleh rakyatnya dengan demikian orang-orang kaya akan rela berbagi,sebaliknya jika hidup terus dikecamuk dengan ketamakan dan hidup berlebih lebihan sulit untuk mendapat kemenangan ,INDONESIA insyaallah akan menang dengan jiwa-jiwa yang sederhana.

wallahu a'lam bisawab 
ya allah walaupun dengan kesederhanaan cukupkanlah kami dengan kesederhanaan saja agar kami tidak tertarik dengan yang haram.
ya allah walaupun sederhana cukupkanlah kami dalam ketaatan agar kami tidak tertarik dalam bermaksiat.
ya allah jika kami meminta untuk adannya tambahan jadikan kami untuk tidak pernah mau memilih mendapatkan yang bukan berasal dariMU hanya yang dariMU saja yang kami inginkan. walhamdulillahirobbil alamin.

wassalamu alaikum warah matullahi wabarokatuh 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Dengan Ilmu-Nya (ust Salim A. Fillah)

Didalam memilih pasangan yang akan mendampingi hidup kita dunia akhirat libatkan ALLAH SWT dan libatkan orang-orang yang salih disekitar kita . Nabi SAW bersabda " tidak akan kecewa,tidak akan menyesal orang yang istikharah dan tidak akan kecewa orang yang bermusyawarah".  maka ada 2 perkara ini yang selayaknya kita lakukan ketika kita hadapi urusan besar  Nabi SAW menuntunkan untuk istikharah dia shalat 2 rakaat kemudian dia berdoa   اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ   ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA . dalam doa ini terkandung kepasrahan yang paling agung kepada Allah SWT "Ya Allah,sesungguhnya aku beristikharah dengan ilmu-Mu aku memohon pilihan dengan ilmu-Mu.    makna memohon pilihan dengan ilmu-Mu,adalah bukan ilmuku , bukan pengetahuanku tentang dia , bukan pengenalanku tentang dia yang entah hanya zahirny a sajapun sekecil sekali dibandingkan dengan

BILAL DAN ADZAN TERAKHIR.

Bilal bin Rabah ( Arab : بلال بن رباح , sekitar 580–640 Masehi; Bilal al-Habsyi, Bilal bin Riyah, Ibnu Rabah ) adalah seorang budak berkulit hitam dari Habsyah (sekarang Ethiopia ) yang masuk Islam ketika masih diperbudak. Setelah majikannya mengetahui bahwa Bilal masuk Islam , maka Bilal disiksa terus menerus setiap harinya, guna mengembalikan keyakinannya agar tidak memeluk Islam . Tetapi Bilal tidak mau kembali kepada kekafirannya dan tetap melantunkan " Ahadun Ahad, Ahadun Ahad... ". Pada akhirnya Bilal dimerdekakan oleh Abu Bakar , dan menjadi salah seorang sahabat nabi . Dalam sebuah hadits diceritakan bahwa rasulullah pernah mendengar suara terompah Bilal di surga . Ketika hukum syariat adzan diperintahkan oleh Allah , maka orang yang pertama kali disuruh oleh rasulullah untuk mengumandangkan adzan adalah Bilal bin Rabah, ia dipilih karena suaranya sangat merdu dan lantang. Ia dikenal sebagai muazin pertama dalam Islam. Semenjak Rasulullah wafat , Bila

PERSATUAN DAN DINAMIKA ISLAM DIINDONESIA.

ASSALAMU ALAIKUM WARAH MATULLAHI WABAROKATUH BISMILLAHIRROHMANNIROHIM Sumber gambar :  http://muslimedianews.rssing.com  Dalam sejarah Indonesia, terutama awala abad ke 20, kita sering mendengar munculnya banyak organisasi-organisasi Seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al-irsyad, dsb.  Banyak orang menjadi punya persepsi bahwa ummat Islam itu sejak awal terpecah belah karena adannya organisasi-organisasi itu. Padahal, jika kita lihat apa yang mereka fikirkan dan apa yang mereka perjuangkan, juga melihat bagaimana mereka berdinamika didalam sejarah, Persepsi itu seharusnya tidak muncul sebab walaupun mereka ada didalam organisasi yang berbeda, mereka sebetulnya mendirikan organisasi ini dalam wilayah perjuangan masing-masing.  Sementara dalam konteks hubungan antar organisasi itu sendiri, mereka punya pemikiran untuk berasatu. Salah satu buktinnya setelah organisasi-organisasi ini berdiri dan memang terkadang memang ada perselisihan yang cukup meresahkan ditengah mas